Download Surat dan Berkas Administrasi Makesta IPNU IPPNU
Seperti yang sudah diketahui, Masa Kesetiaan Anggota atau Makesta adalah pelatihan kaderisasi awal untuk anggota baru yang ingin terjun ke organisasi IPNU dan IPPNU. Sebagai gerbang pertama, makesta menjadi sesuatu yang sangat vital, karena menjadi syarat sah bagi pelajar NU untuk diakui sebagai anggota. Karena hal tersebut, banyak Pimpinan Ranting yang membuat kegiatan Makesta di wilayahnya masing-masing.
Daftar Ulang Makesta |
Salah satu tujuan dari makesta adalah untuk menanamkan rasa kesetiaan dan menguatkan komitmen anggota terhadap IPNU dan IPPNU. Dengan tujuan tersebut, tentunya pelaksanaan makesta harus dilaksanakan secara maksimal agar tujuannya dapat tercapai. Salah satu faktor penting dari suksesnya kegiatan kaderisasi tersebut adalah dengan dilengkapinya berkas administrasi.
Meskipun terdengar sepele, namun berkas-berkas administrasi menjadi sangat vital. Administrasi memang sangat penting, karena kegiatan apapun tanpa tata kelola administrasi yang baik, maka akan berjalan sempoyongan. Karenanya, IPNU IPPNU Bantrung yang baru saja menyelenggarakan makesta, ingin berbagi contoh administrasi dan surat-surat Makesta.
SOP Pelaksanaan MAKESTA
Namun sebelum itu, kita bahas dulu SOP Pelaksanaan Makesta yang kami dapatkan di dalam Pedoman Kaderisasi IPNU Tahun 2018. Di dalam buku tersebut membahas berbagai kegiatan kaderisasi yang bisa menjadi patokan atau acuan rekan rekanita semua. Berikut ini adalah runtutan bagaimana pelaksanaan Makesta tersebut ;
Panitia menetapkan jadwal kegiatan
Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan membuat rundown kegiatan atau jadwal. Bagi yang masih bingung, bisa melihat Jadwal Kegiatan Makesta yang sudah pernah kami buat.
Peserta melakukan pendaftaran ulang dengan mengisi daftar hadir serta mengisi formulir pendaftaran
Sebelum pelaksanaan makesta dimulai, kami terlebih dahulu membuat formulir pendaftaran lewat google form. Calon peserta kami arahkan untuk mengisi data diri berupa nama lengkap, tampat tanggal lahir, pendidikan terakhir, nomor whatsapp dan foto 3x4 untuk dimasukkan ke dalam setifikat.
Sedangkan untuk pengisian daftar hadir saat registrasi ulang, kami sudah membuat dalam bentuk Microsoft Word format daftar hadir peserta makesta.
Panitia melaksanakan pembukaan atau opening ceremony dengan dihadiri pengurus, tamu undangan, dan senior serta terdapat prosesi penyematan tanda peserta
Tamu undangan menjadi sesuatu yang penting saat upacara pembukaan. Berkas administrasi yang diperlukan adalah Surat Undangan, Surat Permohonan Sambutan, dan Surat Permohonan Tahlil untuk opening ceremony tersebut.
Sesepuh dan Tamu Undangan Makesta 2024 Bantrung Untuk penyematan tanda peserta, bisa dengan mengalungkan ID Card peserta oleh ketua panitia, Pembina, atau ketua Pimpinan Ranting itu sendiri. Untuk bentuk ID Card, bisa dibuat sendiri, bisa dengan mudah ditemukan di platform Canva.
Peserta bersama tim instruktur melakukan perkenalan, membuat kontrak belajar, dan orientasi awal pelatihan
Untuk poin yang satu ini, tidak perlu dipersiapkan berkas apapun. Namun untuk pembuatan kontrak belajar atau forum, bisa disiapkan kertas plano atau papan tulis.
Panitia atau tim instruktur melaksanakan pretest kepada peserta
Karena tim instruktur berasal dari Pimpinan Cabang, maka kami mengirimkan Surat Pemberitahun Kegiatan kepada PC dan memberikan Surat Permohonan Menjadi Instruktur. Dengan begitu, permohonan tersebut bisa ditindak lanjuti dan instruktur bisa memandu jalannya makesta.
Kami juga mengirimkan surat pemberitahuan Kepada Pimpinan Anak Cabang dan Permohonan Instruktur dari Lulusan SKD untuk membantu Instruktur inti pada makesta tersebut.
Pelaksanaan makesta dilaksanakan secara doktrinisasi
Peserta mengikuti materi demi materi dan tiap selesai materi dilakukan review materi oleh instruktur
Karena berhubungan dengan materi, maka harus dicarikan pemateri yang sesuai. Untuk berkas yang diperlukan ialah Surat Permohonan Menjadi Pemateri yang dibarengi dengan pokok pembahasan materi dan rundown kegiatan yang sudah dilampirkan.
Pemberian materi makesta Setiap materi yang dipaparkan juga memerlukan moderator, yang bertugas mengenalkan pemateri, membantu pemateri mengganti slide atau video, memastikan jalannya pelatihan kondusif, memberikan kesempatan untuk tanya jawab, dan merekam forum. Karena itu, yang dibutuhkan adalah CV atau biodata Pemateri dan Perekam Forum Makesta.
Pelaksanaan Makesta harus membentuk kultur NU (Sholat Jamaah, Sholat Dhuha dan Tahajud, Tahlil, Yasin, Istighosah, atau Ziarah Kubur)
Kami sendiri ketika mengadakan Makesta 2024 di Bantrung, selalu melaksanakan sholat jamaah di masjid dan melaksanakan pembacaan maulid al-barzanji dan tahlil. Karena hal tersebut, kami meminta izin kepada Ketua RT Setempat dengan mengirimkan Surat Pemberitahuan Kegiatan.
Tak hanya itu, kami juga membuat Surat Permohonan Peminjaman Tempat guna melaksanakan makesta tersebut. Dengan begitu, kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan bisa lebih tenang karena sudah ada izin dari pemangku jabatan dan warga sekitar.
Pelaksanaan Makesta dilaksanakan secara gembira dan bermakna (Bernyanyi Yalal Wathon, menyanyikan Mars IPNU IPPNU, Tepuk-Tepuk, Outbound, Inagurasi, dll)
Karena kebanyakan peserta masih belum hafal Mars Syubbanul Wathon maupun Mars IPNU IPPNU, Maka kalian bisa mencetak mars tersebut, sehingga setiap pembukaan materi, peserta bisa menyanyikan dan menghafalnya.
Dilaksanakan Pembaiatan Anggota
Pembaiatan sendiri dilaksanakan oleh Pimpinan Anak Cabang, atau Pimpinan Cabang. Namun akrena teks baiat tidak mungkin mereka hafalkan, maka berkas yang harus di print adalah Naskah Baiat Peserta Makesta.
Makesta diakhiri dengan Post-Test dan evaluasi tiga arah antara peserta, panitia, dan instruktur.
Soal Post-Test sendiri biasanya sudah disiapkan oleh instruktur yang menemani pelatihan, kalian hanya perlu menyiapkan formulir yang berisi nama, nilai pre test, dan nilai post test untuk mengukur kesuksesan dari pelatihan tersebut.
Panitia maupun Instruktur menyiapkan Rencana Tindak Lanjut
Rencana Tindak Lanjut (RTL) bisa didiskusikan bersama peserta, baik itu kegiatannya dan waktu pelaksanannya. Bagi yang ingin mengetahui bagaiman IPNU IPPNU Bantrung melakukan Follow UP / RTL, bisa membaca artikel Beginilah RTL Makesta IPNU IPPNU Desa Bantrung.
Panitia dan Peserta melakukan kegiatan Penutupan yang mengesankan
Guna memberikan semangat dan kesan yang lebih terhadap peserta, bisa diberikan hadiah untuk peserta terbaik, baik itu sertifikat, plakat, atau makanan ringan. Bisa juga diakhiri dengan bernyanyi bersama agar kenangan selama makesta tidak akan dilupakan oleh peserta.
Ahla 'Athiyya, peserta terbaik putri Makesta
Download Berkas dan Surat untuk MAKESTA
Secara garis besar, diatas adalah SOP Pelaksanaan Makesta yang sesuai dengan Buku Pedoman Kaderisasi IPNU. Silahkan kalian klik link di bawah ini untuk mendownloadnya.
Download Surat dan Berkas Makesta IPNU IPPNU Terbaru
Semoga dengan apa yang kami bagikan tersebut bisa membantu rekan dan rekanita yang ingin mengadakan Makesta.
Posting Komentar